Kamis, 24 Januari 2008

SEED CENTER - Program Unggulan Faperta UNPAD

BANDUNG, (PR).-Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad), segera mengusung seed center (pusat perbenihan) sebagai program unggulan. Beberapa peneliti dari program studi pemuliaan tanaman, berhasil menciptakan benih-benih yang lebih unggul dibandingkan sebelumnya.
"Dengan memfokuskan pada pembenihan, pembinaan keilmiahan lebih fokus dan konvergen," kata Mahfud Arifin, Pembantu Dekan I Faperta Unpad, di Bandung, Rabu (23/1).
Sementara itu, Dirjen Hortikultura Departemen Pertanian Ahmad Dimiyati, yang juga alumni Faperta Unpad mengatakan, pemilihan seed center sebagai program unggulan merupakan langkah tepat dan sesuai dengan arah perkembangan pertanian Indonesia di masa yang akan datang.
"Diharapkan, mutu produktivitas pertanian dapat ditingkatkan bila ditunjang dengan benih yang bermutu baik pula," katanya.
Menurut dia, pembenihan bisa dilakukan dengan inovasi dan pembentukan varietas baru yang dijadikan benih bermutu.
Selain itu, Dimiyati menjelaskan, varietas unggul dapat dihasilkan melalui proses seleksi dari populasi, koleksi tanaman, persilangan, mutasi, serta rekayasa genetik yang terbaik. Keunggulan ini dinilai dari ketahanan terhadap hama penyakit, cekaman air, dan produksi yang lebih banyak serta lebih cepat.
Hingga saat ini, terdapat tujuh benih yang diunggulkan dan telah lulus sertifikasi dari Badan Sertifikasi Benih. Antara lain, kedelai, jagung, bengkoang, nanas, nilam, sorgum, dan kelapa. Bahkan, ada sekitar 120 nama kedelai yang potensial untuk dibudidayakan dan telah diteliti, ujar Dr. Suseno Amin, Ir., M.S., dosen Faperta.
"Diharapkan, dengan menjadikan seed center sebagai fokus Faperta, akan dihasilkan benih-benih unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan ketersediaan benih di dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan impor pertanian," ujar Suseno. (CA-182/CA-188)***

Pikiran - Rakyat - (24 Jan 08).